kegemukan

Kegemukan Berawal Dari Sarapan Pagi yang Salah

Posted on

Apakah Anda sudah sarapan pagi dengan benar?

Apakah anda sering mengalami lelah disertai dengan cepat ngantuk, loyo dan punya bermasalah berat badan dan kegemukan? Semua itu berawal dari SALAH dalam memilih sarapan. Sebagian besar orang makan berdasarkan keinginan mata mereka. Atau dengan kata lain, mata mereka menentukan apakah mereka perlu makan dan makanan apa yang seharusnya dimakan.

Padahal kenyataannya, mata sama sekali tidak ada hubungannya dengan makanan. Tapi pankreaslah yang mengatur semuanya! Pankreas adalah bagian organ di dalam tubuh kita yang memproduksi Gastric Juice dan Insulin.

Apakah Anda Tahu?

Badan kita terdiri dari 100 triliun sel dan membutuhkan 114 macam nutrisi yang berbeda-beda. Dan itu harus kita penuhi! Badan kita bangun di pagi hari dan menuntut 114 macam nutrisi. Dan, makanan apa yang kita berikan kepada tubuh kita di pagi hari?

Bila Anda Sarapan Karbohidrat

kegemukan berawal dari salah sarapan

Tubuh kita berpuasa selama kita tidur. Apabila pada pagi hari kita sarapan dengan karbohidrat sederhana (mie, cereal olahan, roti putih, roti panggang, nasi, atau bubur), level gula darah kita akan naik mendadak. Hal ini menyebabkan pankreas melepaskan insulin dalam jumlah yang cukup besar untuk mengatasi kenaikan level gula darah tersebut.

Hal ini mengakibat level gula darah turun drastis dan menyebabkan kita lapar lagi pada sekitar jam 9-10 pagi sehingga kita akan ngemil pada jam tersebut untuk mengatasi lapar. Siklus ini berulang 2-3 kali sehari. Siklus naik turunnya kadar gula dalam darah ini yang memperberat proses kerja pankreas dan memperlemahnya. Ini adalah salah satu alasan utama penyebab diabetes, tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan atau kegemukan.

Bila Anda Tidak Sarapan

Saat Anda tidak sarapan, tubuh kita akan berpuasa lebih lama sehingga gula darah kita turun di bawah tingkat normal. Kita akan merasakan kelaparan yang tidak wajar dan tidak berenergi. Hal ini justru akan membuat kita sangat bernafsu untuk mengonsumsi karbohidrat sederhana dalam jumlah besar pada jam makan siang.

Hal ini dikarenakan tubuh kita ingin cepat-cepat meningkatkan kadar gula dalam darah untuk mengatasi rasa lapar dan kekurangan energi. Hal ini akan menyebabkan kenaikan level kadar gula dalam darah secara mendadak yang menyebabkan pankreas melepaskan insulin yang cukup besar.

Lalu, insulin akan mengambil kelebihan gula dalam darah dan mengubahnya menjadi lemak Hal ini mengakibat level gula darah turun drastis dan kita akan selalu merasa lapar. Siklus ini berulang 2-3 kali sehari. Siklus naik dan turunnya kadar gula dalam darah ini memperberat kerja pankreas dan memperlemahnya. Ini adalah salah satu alasan utama penyebab diabetes, tekanan darah tinggi dan kenaikan berat badan.

Jadi, sarapan seperti apakah yang paling tepat?

Pola sarapan yang benar

Jawabannya adalah Sarapan Tinggi Protein. Sarapan yang seperti ini akan menyuplai badan kita dengan nutrisi-nutrisi penting dan energi tanpa meningkatkan kadar gula dalam darah dan kadar insulin. Sarapan pagi seperti ini akan menghindarikan kita dari ketergantungan terhadap karbohidrat setiap hari.

Dengan cara atau methode ini nafsu makan dapat terkontrol dengan baik, keinginan makan makanan berkarbohidrat (cemilan, coklat, kue, junk food, soft drink, nasi dan mie) akan berkurang. Sebagai hasilnya badan akan menggunakan kelebihan lemak yang tersimpan dalam tubuh untuk mendapatkan energi atau sebagai sumber energi.

Lalu, bagaimana caranya melakukan sarapan berdasarkan protein agar badan tidak kegemukan?

Ya, konsumsi produk-produk HERBALIFE Sebagai pengganti menu sarapan dan makan malam anda
Mau bagaimana lagi?

perbandingan sarapan dengan herbalife

Gravatar Image
Supervisor di perusahaan produk nutrisi dan kesehatan kulit. Hobby Menulis artikel berhubungan dengan kesehatan dan cara menurunkan berat badan dengan pola diet yang benar. Anda bisa konsultasi dan bimbingan diet Gratis melalui WhatsApp

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *