Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan dan Menyusui

Posted on

Menjadi gemuk pasca melahirkan adalah hal yang umum terjadi, Lalu bagaimana cara menurunkan berat badan setelah melahirkan terutama di masa menyusui. Hal ini biasanya selalu terbersit dalam pikiran anda karena badan anda yang terlihat tambah melar ataupun komplain dari suami. Pola diet cara menurunkan berat badan setelah melahirkan dan menyusui harus dilakukan dengan benar karena selain bunda, Anak anda juga sangat perlu nutrisi untuk pertumbuhan masa kecilnya. Oleh karena itu diet cara menurunkan berat badan pasca melahirkan harus tercukupi nutrisi dan memenuhi pola 4 sehat 5 sempurna.

Cara Menurunkan Berat Badan Setelah Melahirkan

Anda perlu kenali penyebab gemuk setelah melahirkan, Ada beberapa faktor kenapa anda sudah diet untuk menurunkan berat badan setelah melahirkan tapi tidak kunjung turun berat badanya. Sebuah penelitian pernah  dilakukan, Bahwa berat badan ibu terus naik pasca melahirkan karena kebiasaan pola memakan makanan dari piring anak ini sering terjadi saat menyuapi anak dan tidak habis, atau kebiasaan lain misal duduk yang lebih lama. Kurang tidur atau kurang olah raga karena anak sering rewel ini juga bisa menjadi penyebab naiknya berat badan. Lalu bagaimana cara cepat langsing setelah melahirkan.

Berikut adalah cara menurunkan berat badan setelah melahirkan dan menyusui

  • Melakukan Olah raga

Olahraga pasca melahirkan bisa anda lakukan minimal 3 minggu setelah lahiran tergantung dari kondisi fisik juga dan kesanggupan Anda. Selama Anda sendiri sanggup serta dokter Anda juga mengijinkanya, hal ini dilkukan karena untuk menjaga jaringan tubuh dan otot anda agar normal pasca melahirkan. Anda tak perlu ke berlari, gym atau bahkan senam, Anda cukup olah raga ringan misal jalan ringan sambil mendorong stroller anak andakeliling komplek sambil mencari udara segar, Hal ini bisa anda lakukan di pagi hari agar anak anda bisa berjemur sekalian.

  • Tidur yang cukup

Sering begadang karena anak rewel, hal ini pasti sering dilakukan oleh para ibu pasca melahirkan. Anda harus bisa mengatur waktu untuk menjaga baby anda dengan bergantian dengan suami atau baby sister anda juga bisa menentukan jam tidur bayi anda dengan cara misal memandikan dengan air hangat dan menyusuinya sambil bernyanyi. Tidurlah secukupnya minimal 7 jam pada setiap harinya.

  • Menjaga Pola Makan

Diet pasca melahirkan bukan berarti anda harus memantang jenis makanan yang dibutuhkan oleh buah hati anda, Ingat anak anda harus tercukupi kebutuhan nutrisi dan gizinya agar anak tumbuh kembang dengan baik. Dalah hal ini anda hanya perlu menjaga pola dan waktu makan anda, Tetap konsumsi makanan sehat tetapi dengan porsi kecil pada tiap harinya sehingga Anda akan tetap merasa kenyang. Jangan melewatkan jam makan siang, malam terutama sarapan Anda, Jika Anda melewatinya, Maka anda akan cenderung merasa lebih lapar dan nantinya malah akan makan jenis makanan yang kandungan lemaknya tinggi tanpa sadar.

  • Banyak minum air putih

Air putih bisa membuat anda terhindar dari dehidrasi karena tiap-tiap sel pada tubuh anda memperoleh supply air yang baik sehingga metabolisme dalam tubun akan berjalan dengan lancar. Kebutuhan cairan masing-masing tubuh manusia per harinya adalah min 2 liter, Cukupi kebutuhan air anda akan merasa kenyang dan tidak ingin ngemil.

  • Kunci sukses diet adalah konsisten dan sabar

Jangan frustasi jika anda sudah melakukan cara menurunkan berat badan setelah melahirkan dengan benar tapi berat badan tidak kunjung turun, Ada dua type lemak yang mudah hilang dan sulit dihilangkan, Jika anda sebelum hamil sudah gemuk bertahun-tahun biasanya lemak anda adalah lemak lama yang sudah ada di dalam tubuh anda jenis lemak lama ini biasanya sangat sulit untuk di turunkan harus butuh waktu lama untuk proses pembakaran lemaknya, berbeda dengan lemak baru misal sebelum hamil tubuh anda mengang kecil, Nah lemak baru ini basanya hanya menempel dalam dinding dan belum menyatu dengan tubuh kita ini biasanya akan cepat luntur lemaknya jika anda mengikuti cara diet yang benar.

Itulah tadi 5 tips menjaga berat badan pasca melahirhan, Mudah-mudahan bermanfaat bagi anda.

Hubungi kami jika ingin konsultasi dan bimbingan diet dengan pola makan yang benar

Saya ingin sharing dan berbagi pengalaman dengan para pembaca, Karena saya juga pernah merasakan sulitnya menurunkan berat badan selama bertahun-tahun.

Sharing, Tanya-tanya, bimbingan diet Gratis Hubungi

Yuliana Sri Partini : 081511230708  (Klik No WA untuk Chat)

Saya merasa senang jika bisa mambantu dan bermanfaat buat semua orang.

Gravatar Image
Supervisor di perusahaan produk nutrisi dan kesehatan kulit. Hobby Menulis artikel berhubungan dengan kesehatan dan cara menurunkan berat badan dengan pola diet yang benar. Anda bisa konsultasi dan bimbingan diet Gratis melalui WA : 081511230708

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *